Bandara Ngurah Rai Bali Raih Penghargaan Pelayanan Transportasi
Buletindewata.id,Badung - Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali menunjukkan keunggulannya dalam dunia penerbangan dengan meraih predikat tertinggi dalam sektor pelayanan transportasi udara. Setelah sebelumnya berhasil menyabet dua penghargaan kelas dunia dari Airport Council International dan Skytrax, kini bandara kebanggaan Bali ini mendapatkan pengakuan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai unit layanan publik terbaik di sektor transportasi.
Penghargaan ini diberikan dalam ajang Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2024, yang berlangsung di Jakarta. Bandara I Gusti Ngurah Rai berhasil meraih predikat Prima Utama dalam kategori Unit Pelayanan Jasa Terminal Angkutan Penumpang (Transportasi Udara), sebuah pencapaian yang menegaskan standar pelayanan luar biasa yang diberikan kepada para pengguna jasa.
PGS General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Wahyudi, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bukti dari kerja keras seluruh komunitas bandara serta keberhasilan manajemen dalam menerapkan berbagai program transformasi.
"Pelayanan di bandara sangat kompleks, melibatkan banyak pihak dan berinteraksi langsung dengan pengguna jasa. Jika ada satu aspek yang kurang terpenuhi, maka akan berdampak pada keseluruhan kualitas layanan. Oleh karena itu, salah satu transformasi yang kami lakukan adalah menerapkan fokus pelayanan pada pelanggan atau customer focus. Kami berkomitmen untuk menghadirkan service excellence, baik dari sisi layanan maupun pemenuhan fasilitas,"jelas Wahyudi.
Sebagai bagian dari upaya transformasi, Bandara I Gusti Ngurah Rai telah menerapkan berbagai strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk revitalisasi terminal penumpang dan pengoptimalan fasilitas untuk mempercepat proses keberangkatan.
Sebelum penghargaan ini diberikan, Kementerian Perhubungan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelayanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Terdapat tujuh indikator utama dalam penilaian ini, yaitu Kebijakan pelayanan, Profesionalisme SDM, Sarana dan prasarana, Sistem informasi pelayanan publik, Layanan konsultasi dan pengaduan, Inovasi dalam pelayanan, dan Sistem antrean yang efektif.
Evaluasi ini dilakukan dalam dua tahap utama: pertama melalui penyebaran kuesioner online oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kepada para penumpang serta mitra usaha, seperti maskapai dan penyedia jasa kargo. Kedua, melalui audit langsung yang dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari perwakilan Kementerian Perhubungan, Kemenpan-RB, Ombudsman, serta para akademisi.
Transformasi yang dilakukan Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam dua tahun terakhir mulai menunjukkan hasil yang nyata. Revitalisasi dan optimalisasi fasilitas telah membawa banyak perubahan positif, termasuk peningkatan standar pelayanan melalui optimalisasi terminal penumpang, Implementasi Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) untuk layanan kargo dan pos, pengembangan teknologi berbasis manajemen operasi, hingga peningkatan kompetensi SDM.
Penghargaan ini menjadi bukti Bandara I Gusti Ngurah Rai terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para penumpang. Wahyudi menegaskan bahwa pencapaian ini bukan hanya prestasi bagi bandara, tetapi juga bagi seluruh tim yang terlibat.
"Kami sangat bersyukur atas pencapaian ini dan mengapresiasi setiap pihak yang telah berkontribusi dalam menjaga standar pelayanan. Semoga ke depan, Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat terus berkembang dan memberikan layanan kelas dunia bagi seluruh pengguna jasa,"tutupnya. (blt)
Posting Komentar untuk "Bandara Ngurah Rai Bali Raih Penghargaan Pelayanan Transportasi "